- Game 2D
Kerealisasian gerakan ditentukan dari gambar yang dibuat, jumlah gambar(frame) yang digunakan, serta hitungan gambar per detik (frame per second).
Game dua dimensi ini memiliki 2 konsep, yaitu:
- Static View, dimana semua objek berada pada satu bidang dan gerakan karakter utama hanya terbatas pada bidang itu saja.
- Side Scrolling View, dimana objek-objek dan gambar latar akan terus bergerak ke kanan dan ke kiri sesuai dengan kecepatan gerakan karakter yang dimainkan.
- Game 3D
Pada game dengan grafik 3D menggunakan tiga dimensi
representasi dari data geometrik yang disimpan dalam komputer untuk tujuan
melakukan perhitungan dan render gambar 2D. Sistem koordinat pada grafik 3D
terdapat 3 sumbu yaitu x, y, dan z. WCS ( world coordinate system ), wcs adalah
koordinat yg posisidan arahnya selalu tetap dan bersifat absolute. Disini arah
sumbu x,y,z yang anda masukan selalu dihitung dari titik acuan yang sama, tidak
tergantung dari arah pandang saat ini. Sistem koordinat 3D juga bersifat UCS (
user coordinate system ), ucs adalah sistem koordinat yang dapat diubah-ubah (
dipindah dan dirotasikan ) sesuai dengan keinginan pengguna.
Suatu objek 3D
mempunyai titik/vertex (x,y,z) yang membentuk sekumpulan luasan-luasan (face)
yang tergabung dalam satu kesatuan. Face disini disebut juga sisi. Pada objek
3D tidak semua face terlihat karena terdapat face-face yang berada di bagian
belakang dan terhalang oleh face yang lainnya.
Game bertipe ini menggunakan 2 macam tipe
pemodelan:
- 3d object/model :
- 2d graphic:
Gambar 2d juga berperan dalam membuat game bertipe 3D fungsi gambar 2d
antara lain:
- sebagai texture untuk object
- sebagai latar belakang ( langit , pemandangan,dll)
- sebagai meteran untuk nyawa , gambar untuk speedometer (untuk game racing), dll.
- sebagai texture untuk object
- sebagai latar belakang ( langit , pemandangan,dll)
- sebagai meteran untuk nyawa , gambar untuk speedometer (untuk game racing), dll.
Sedangkan untuk membuat animasi dalam 3D dapat digunakan bones(tulang) yang
layaknya manusia dapat digerakkan. Selain itu animasi tetap juga dapat
menggunakan bitmap (gambar 2d) untuk animasi pada texture air, api,dll.
Wah min contohnya bagus min jadi iri...
BalasHapusNgelihatnya.... Good Job...
Jangan lupa juga kunjungi halaman ini
http://mesinantrianmakingsolution.blogspot.co.id/2016/05/mesin-antrian-bersolusi.html
http://alatskpberkualitas.blogspot.co.id/2016/05/alat-survey-kepuasan-pelanggan.html