DESAIN PEMODELAN GRAFIK
Grafika adalah segala cara
pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, tanda, dan gambar yang
diperbanyak melalui proses percetakan guna disampaikan kepada khalayak.
Contohnya adalah: foto, gambar/drawing, Line Art, grafik, diagram, tipografi,
angka, simbol, desain geometris, peta, gambar teknik, dan lain-lain. Seringkali
dalam bentuk kombinasi teks, ilustrasi, dan warna. Desain grafis adalah suatu
bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi
atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar
karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Desain
grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art.
Untuk pengertian Desain pemodelan grafik adalah tata cara menbuat / merancang sebuah gambar baik itu 2D atau 3D yang dimulai dari sebuah titik lalu garis dan garis melengkung yang dibentuk sedemikian hingga sehingga menjadi sebuah objek atau grafik yang bisa bergerak seperti keinginan kita menggunakan perangkat lunak komputer.
Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk
kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan),
atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain). Seni desain grafis mencakup
kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi,
ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.
Pemodelan Grafis sangat berkaitan erat dengan Grafik Komputer,
Dan Konsepnya adalah sebagai beriku:
Kegiatan yang Terkait dengan Grafik Komputer
- Pemodelan geometris: menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D.
- Rendering: memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
- Animasi Komputer: Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behavior objek bergantung waktu
Pemodelan
Geometris
Transformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu komputer :
Shape/bentuk, Posisi, Orientasi (cara pandang), Surface Properties / Ciri-ciri Permukaan (warna, tekstur), Volumetric Properties / Ciri-ciri volumetric(ketebalan/pejal, penyebaran cahaya), Lights/cahaya (tingkat terang, jenis warna) dll.
Dasar
Matematika yang Diperlukandalam Grafik Komputer
- Geometry (2D, 3D) : Trigonometry, Vector spaces
- Points, vectors, dan koordinat : Dot dan cross products
Pemodelan
Geometris yang lebih rumit :
- Jala-jala segi banyak: suatu koleksi yang besar dari segi bersudut banyak, dihubungkan satu sama lain.
- Bentuk permukaan bebas: menggunakan fungsi polynomial tingkat rendah.
- CSG: membangun suatu bentuk dengan menerapkan operasi boolean pada bentuk yang primitif.
Rendering
Dalam rendering, semua data-data yang sudah dimasukkan dalam proses modeling, animasi, texturing, pencahayaan dengan parameter tertentu akan diterjemahkan dalam sebuah bentuk output. Dalam standard PAL system, resolusi sebuah render adalah 720 x 576 pixels. Bagian rendering yang sering digunakan:
- Field Rendering. Field rendering sering digunakan untuk mengurangi strobing effect yang disebabkan gerakan cepat dari sebuah obyek dalam rendering video.
- Shader. Shader adalah sebuah tambahan yang digunakan dalam 3D software tertentu dalam proses special rendering. Biasanya shader diperlukan untuk memenuhi kebutuhan special effect tertentu seperti lighting effects, atmosphere, fog dan sebagainya.
Animasi komputer
Animasi komputer adalah seni
menghasilkan gambar bergerak dengan sendiri melalui penggunaan komputer dan
merupakan sebahagian bidang komputer grafik dan animasi. Animasi
semakin banyak dihasilkan melalui grafik komputer 3D, walaupun grafik komputer 2D masih banyak ada. Kadangkala
sasaran animasi adalah komputer itu sendiri, kadangkala sasaran adalah
perantaraan lain, seperti film.
Untuk menghasilkan gambar
pergerakan, imej dipaparkan pada skrin komputer dan diganti dengan imej baru
yang seiras gambar sebelumnya dengan pantas. Teknik ini serupa dengan bagaimana
gambar bergerak dihasilkan melalui television dan film.
Animasi komputer 3D pada
asasnya merupakan pengganti digit bagi seni animasi gerak pegun (stop motion);
patung animasi dibina pada skrin komputer dan dipasang dengan rangka siber.
Kemudian anggota badan, mata, mulut, pakaian, dan lain-lain bagi patung 3D
digerakkan oleh juruanimasi. Akhirnya, animasi dihasilkan.
Kerangka Grafik
Komputer Interaktif
- Graphics library/package (contoh: OpenGL) adalah perantara aplikasidandisplay hardware (GraphicsSystem)
- Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library
- Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra
- Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, desain,manufaktur, visualisasi dll.
Elemen-elemen
Pembentuk Grafik:
- Geometri
- Pemrosesan Citra untukDitampilkan di Layar
- Hardware Display Grafik :Vektor dan Raster
- Vetor (calligraphic, stroke, random-scan)
Vector
adalah gambar yang dibuat dari unsur garis dan kurva yang disebut vector.
Kumpulan dari beberapa garis dan kurva ini akan membentuk suatu obyek atau
gambar. Pada gambar vector, apabila di perbesar maka gambar tersebut tidak akan
pecah. Hal ini dikarenakan gambar vector menggabungkan titik dan garis untuk
menjadi sebuah obyek,sehingga gambar tidak akan pecah biarpun diperbesar atau
diperkecil. Vector menampilkan sebuah gambar berdasarkan perhitungan koordinar
geometris gamabar tersebut. Tampilan gambar vector walaupun bersifat relative
lebih kaku dari pada tampilan birmap akan tetapi kaulitasnya tidak bergantung
pada resolusi gambar.
Contoh teknologi dari penggunaan gambar vector adalah salah satunya pembuatan stiker/cutting sticker. Berbeda dengan bitmap dimana program program yang dimilikinya sebagian besar dipusatkan untuk pengeditan sedangkan pada program aplikasi vector diperuntukkan untuk gambar dengan tepi yang tajam dan pembuatan gambar dari awal. Pada pembuatan cutting sticker terdapat alat yang di koneksikan dengan computer yang nantinya user akan menggunakan aplikasi vector seperti CorelDraw untuk membuat gambar berbasis vector setelah itu mesin cutting sticker akan mencetak hasil buatan kita tersebut.
Contoh teknologi dari penggunaan gambar vector adalah salah satunya pembuatan stiker/cutting sticker. Berbeda dengan bitmap dimana program program yang dimilikinya sebagian besar dipusatkan untuk pengeditan sedangkan pada program aplikasi vector diperuntukkan untuk gambar dengan tepi yang tajam dan pembuatan gambar dari awal. Pada pembuatan cutting sticker terdapat alat yang di koneksikan dengan computer yang nantinya user akan menggunakan aplikasi vector seperti CorelDraw untuk membuat gambar berbasis vector setelah itu mesin cutting sticker akan mencetak hasil buatan kita tersebut.
- Raster (bitmap, pixmap), digunakandalam layar dan laser printer
Bitmap
adalah representasi dari citra grafis yang terdiri daei susunan titik yang
tersimpan di memori computer. Bitmap merupakan kategori grafik kaya warna dan
tersusun dari pixel pixel yang kita sebut sebagai resolusi. File gambar dengan
resolusi lebih jernih maka memiliki ukuran file yang jauh leih besar juga.
Bitmap sangat tergantung pada besaran resolusi. Semakin besar resolusi suaru
gambar bitmap maka semakin baik kualitas dan ukuran filenya. Perbedaannya
dengan gambar vector adalah, pada bitmap apabila gambar di perbesar maka
kualitas gambar nya akan pecah. Hal ni dikarenakan bitmap terbentuk dari pixel
pixel yang memiliki warna tertentu. Semakin banyak jumlah dalam suatu gambar
maka gamabar yang dihasilkan akan semakin bagus. Beebrapa teknologi yang
menggunakan prinsip bitmap adalah salah satunya pencetakan foto digital.
Sebagai contoh kita gunakan salah satu aplikasi grafis bitmap seperti Adobe
Photoshop. Pada Adobe Phtoshop kita dapat mengedit photo sesuai dengan
keinginan kita. Kita bisa mengatur brightness atau pun darkness pada foto yang
kita edit sehingga hasilnya dapat sesuai dengan keinginan kita. Selain itu juga
kita bisa memperhalus gambar agar semakin indah dilihat. Itulah salah satu
keunggulan teknologi Bitmap. Contoh lain dari aplikasi bitmap adalah Microsoft
Photo Editor, Macromedia Fireworks dan lain sebagainya. Semua program tersebut
menawarkan kemudahahn dan kelengkapan fiturnya.
Tools Pendukung Pemodelan Grafik Komputer :
- Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout)
Program ini sering digunakan untuk
keperluan pembuatan pamflet, brosur, booklet, poster, undangan dan lain yang
sejenis. Program ini mampu mengatur penempatan teks dan gambar yang diambil
dari program lain (seperti Adobe Photoshop). Yang termasuk dalam kelompok ini
adalah:
Adobe FrameMaker, Adobe In Design, Adobe PageMaker, Corel Ventura, Microsoft Publisher, Quark Xpress.
Adobe FrameMaker, Adobe In Design, Adobe PageMaker, Corel Ventura, Microsoft Publisher, Quark Xpress.
- Aplikasi Pengolah Vektor/Garis
Program yang termasuk dalam kelompok
ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga
sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa
kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi
yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
Adobe Illustrator, Beneba Canvas, CorelDraw, Macromedia Freehand, Metacreations Expression, Micrografx Designer, Inkscape.
Adobe Illustrator, Beneba Canvas, CorelDraw, Macromedia Freehand, Metacreations Expression, Micrografx Designer, Inkscape.
- Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar
Program yang termasuk dalam kelompok
ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo
retouching). Objek yang diolah dalam progam-program tersebut dianggap sebagai
kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu,
misalnya, foto. Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang
memiliki kerapatan dan warna tertentu. Meskipun begitu, program yang termasuk
dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggap sebagai
kumpulan pixel. Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah
diolah dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan
menjadi bentuk pixel/titik. Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah:
Adobe Photoshop, Corel Photo Paint, Macromedia Xres, Metacreations Painter, Metacreations Live Picture, Micrografx Picture Publisher, Microsoft Photo Editor, QFX, Wright Image, Pixelmator, Manga studio, Gimp dan Pos Free Photo Editor.
Adobe Photoshop, Corel Photo Paint, Macromedia Xres, Metacreations Painter, Metacreations Live Picture, Micrografx Picture Publisher, Microsoft Photo Editor, QFX, Wright Image, Pixelmator, Manga studio, Gimp dan Pos Free Photo Editor.
- Aplikasi Pengolah Film/Video
Program yang termasuk dalam kelompok
ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah film dalam berbagai macam format.
Pemberian judul teks (seperti karaoke, teks terjemahan, dll) juga dapat diolah
menggunakan program ini. Umumnya, pemberian efek khusus (special effect)
seperti suara ledakan, desingan peluru, ombak, dan lain-lain juga dapat dibuat
menggunakan aplikasi ini. Yang termasuk dalam kategori ini adalah:
Adobe After Effect, Power Director, Show Biz DVD, Ulead Video Studio, Element Premier, Easy Media Creator, Pinnacle Studio Plus, WinDVD Creater, Nero Ultra Edition dan Camtasia Studio
Adobe After Effect, Power Director, Show Biz DVD, Ulead Video Studio, Element Premier, Easy Media Creator, Pinnacle Studio Plus, WinDVD Creater, Nero Ultra Edition dan Camtasia Studio
- Aplikasi Pengolah Multimedia
Program yang termasuk dalam kelompok
ini biasanya digunakan untuk membuat sebuah karya dalam bentuk Multimedia
berisi promosi, profil perusahaan, maupun yang sejenisnya dan dikemas dalam
bentuk CD maupun DVD. Multimedia tersebut dapat berisi film/movie, animasi,
teks, gambar, dan suara yang dirancan sedemikian rupa sehingga pesan yang
disampaikan lebih interktif dan menarik. Yang termasuk dalam kelompok ini
adalah:
Macromedia, Macromedia Authorware, Macromedia Director, Macromedia Flash, Multimedia Builder, Ezedia, Hyper Studio dan Ovation Studio Pro
Macromedia, Macromedia Authorware, Macromedia Director, Macromedia Flash, Multimedia Builder, Ezedia, Hyper Studio dan Ovation Studio Pro
- Pengolah 3 dimensi
Contohnya : Xara 3D, 3Ds Max,
Houdini, Lightware, Blender, Pixar, Maya, Poser, AutoCad dan Zmodeler
- Software tipografi
Fontographer dan AMP Font Viewer
Sumber:
http://stephanusar.blogspot.com/2012/10/perkembangan-pemodelan-desain-grafik.html
http://safemode.web.id/artikel/design/pengertian-konsep-dan-tool-pendukung-grafik-komputer#ixzz2I9USv2bo
http://safemode.web.id/artikel/design/pengertian-konsep-dan-tool-pendukung-grafik-komputer#ixzz2I9N0wnmF
http://safemode.web.id/artikel/design/pengertian-konsep-dan-tool-pendukung-grafik-komputer#ixzz2I9N0wnmF
http://safemode.web.id/artikel/design/pengertian-konsep-dan-tool-pendukung-grafik-komputer
http://safemode.web.id/artikel/design/desain-pemodelan-grafik#ixzz2I9RBrV1e
http://ms.wikipedia.org/wiki/Animasi_komputer
Tidak ada komentar:
Posting Komentar